Rabu, 19 Januari 2011

education for all



2 Mei 2010


Ingatkah kalian hari ini hari apa?
"hari Minggu!"
yaiya benar hari ini memang hari Minggu, tapi ada hal lain dari hari Minggu ini.
Ingatkah kalian hari ini tanggal berapa?
"tanggal 2 Mei"
iyaa tahu, tapi ada momen apakah hari ini?
"hmmmm....???"

sekedar mengingatkan, hari ini adalah hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), kalau kita ingat ketika masa sekolah dasar biasanya diperingati dengan upacara demi mengenang jasa para pahlawan di bidang pendidikan, diantaranya doa untuk Ki Hajar Dewantara yang kita kenang dengan slogan-slogannya "ING NGARSO SUNG TULODO - ING MADYO MANGUN KARSO - TUT WURI HANDAYANI"

hari in saya akan menceritakan sosok 'penyemir sepatu..'

Namanya Muhammad Fani, usianya 12 tahun, dan saat ini dia bersekolah di sebuah SD negeri dan duduk di bangku kelas 6. Fani adalah anak pertama dari 2 bersaudara, ayahnya seorang tukang becak dan ibunya hanyalah seorang ibu rumah tangga. Kegiatan sehari-harinya sekolah dan menjadi tukang semir sepatu. Sehabis magrib Fani dan seorang temannya, Adnan pergi ke jalan Gajahmada Semarang, mereka mangkal dan menawarkan jasa semir sepatu kepada pengunjung warung lesehan sate dan pisang plenet. Mereka menjajakan jasa semir sepatu di sepanjang jalan Gajahmada...setiap malam dari pukul 18.00 sampai pukul 21.00. Dalam sehari mereka bisa mendapatkan 15 ribu rupiah, jumlah itu dibagi 2, untuk Fani dan Adnan...Lalu, apakah orangtua mereka tahu pekerjaan mereka? Iya, orangtua mereka mengerti pekerjaan anaknya di malam hari. Mereka tinggal di daerah Pelabuhan dan setiap malam mereka mengontel sepeda berboncengan pergi ke jalan Gajahmada. LUmayan jauh jaraknya....tapi beginilah cara mereka mendapatkan uang jajan untuk mereka dan adik-adiknya karena orangtua tidak memberikan uang jajan. Ketika mereka ditawari untuk makan bersama, mereka menolak dan memilih membungkus nasi dan sate untuk adik dan orangtuanya di rumah...Subhanallah....betapapun kekurangannya mereka, mereka masih mengingat keluarganya....

Fani bercita-cita menjadi seorang polisi...IYA SUATU SAAT NANTI IA INGIN MENJADI POLISI :)
bersekolah dan menjadi penyemir sepatu tidak menurunkan prestasinya, terbukti di sekolah ia mendapat peringkat 5 di kelasnya! dan Adnan menduduki peringkat 9 di kelasnya! menyenangkan ya mendengar penuturan dari mulut kecil mereka...

Hmmmm hari Selasa besok tanggal 4 Mei 2010, mereka akan menempuh Ujian Kelulusan...jadi mohon doanya ya dari kakak-kakak semuanyaa. semoga mereka diberi kelancaran dalam mengerjakan soal dan mendapat hasil yang terbaik! :)

---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
masih banyak Fani-Fani dan Adnan-Adnan lain di luar sana yang di tengah keterbatasannya mereka masih memiliki cita-cita! Ini membuktikan bahwa : PENDIDIKAN UNTUK SEMUA - EDUCATION FOR ALL!
dan SEMUA ORANG BERHAK UNTUK BERCITA-CITA.....

tidak hanya pendidikan ilmu pengetahuan tetapi juga pendidikan spiritual yang bisa membangun masa depan bangsa....SEMANGAT BUAT SMUANYAAA!!!

SELAMAT HARI PENDIDIKAN NASIONAL, 2 Mei 2010!

*semoga tulisan ini bermanfaat ya, Amin.......
*Tala_cheers! :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar