Rabu, 19 Januari 2011

cerita hari ini

tahun lalu, 18 Maret 2010

tentang hari ini, tentang pelajaran hari ini ....

kali ini saya mau share cerita yang mungkin bisa dijadikan pelajaran bukan cuma buat saya tetapi juga buat teman-teman semuanya.... "KESEMPATAN hanya DATANG SATU KALI....!!"

pagi ini, saya berada di ruangan yang dingin, dan dari sekian banyaknya orang tidak ada seorangpun yang saya kenal, akhirnya saya memberanikan diri mengajak berkenalan seorang mahasiswi yang duduk di depan saya. saya mencoba mendekatinya dan perlahan mengajak berbincang demi mencairkan suasana beku ruangan ini....lama kelamaan saya merasa mahasiswi di sebelah saya (sebut saja namanya Cantik, mahasiswi semester 6 fakultas sastra). entah apa yang membuatnya berani bercerita kepada saya yang notabene adalah orang yang baru dikenalnya...

Cantik : dari fakultasmu, siapa yang maju ikutan MAWAPRES (mahasiswa berprestasi) ?
Saya : hmmm blum mulai seleksi, batas pengumpulan berkas baru kemarin sore...
Cantik : kamu ikutan?
Saya : hmmm....aduh berat untuk aku jawab, kamu nanya gitu aku jadi nyesel rasanya..
Cantik : aku sedih nih....aku baru tahu ada seleksi mawapres senin kemarin, dan pengumpulan berkas paling lambat Jumat besok...aku mengangkat tema bla-bla-bla tapi aku sedih, literaturnya gak bisa kutemuin, gak ada referensi, cuma kajian pustaka tapi susah dapetin buku-bukunya. cari di internetpun dikit banget, terpaksa buka catatan jaman dulu, pinjem temen di universitas lain.....
Saya : lho emang sebegitu susahnya kah buku yang kamu cari? kenapa gak coba minta bimbingan dosen?
Cantik : hmm itu yang buat aku tambah sedih, gak ada dukungan dari mereka...temen2 bahkan bilang "ngapain toh kamu ikutan beginian? paling2 juga gak lolos! paling yg keterima kan jurusan sastra In****s, ngapain kamu repot2 ikutan ini? buang2 waktu aja!" coba gimana aku gak sedih, udah gitu waktu kemarin aku coba minta dosenku ngecek karya ilmiahku, eh aku malah dibilang "kok bikinnya begini toh mbak? jelek sekali tema kamu!"
saya : (diam penuh sesal)
Cantik : padahal kamu tahu gak? aku sampe nangis2 duduk di perpus sambil ngetik karya ilmiahku, gak ada yang mensupportku, cuma ibuku yang bilang "maju terus nduk, jangan nyerah, biarin aja orang mau bilang apa, kejar apa yang kamu mau!" begitu kata ibuku....rasanya aku sedih banget, dari dulu aku pengen ikutan mawapres. ya walaupun kegiatanku mungkin gak sebanyak kamu, keliatannya kamu rajin ikut macem2 tapi aku enggak, IPK juga gak cumlaude, yah tapi aku pengen banget ikutan...

seketika saya hanya terdiam, diam, dan merasa menyesal...
KESEMPATAN TIDAK AKAN DATANG DUA KALI....

saya merasa Tuhan menegur saya melalui cara yang begitu dahsyat!
saya memiliki dosen, teman2, ibu yang sangat mendukung saya untuk mengikuti mawapres.
saya sudah berusaha membuat karya tulis itu tapi akhirnya saya memilih untuk mundur di detik terakhir..
kenapa saya mundur?
entah apa yang membuat saya berat untuk mengikuti ajang mawapres ini, jiper? hmm rasanya tidak! saya cukup percaya diri dengan tulisan yang saya buat, tapi ada beberapa alasan yang sulit untuk saya ungkapkan kepada siapapun mengenai alasan saya akhirnya mundur dan memilih untuk menyimpan file karya ilmiah saya di folder laptop...

seharusnya saya bersyukur karena jalan untuk mengikuti kompetisi mawapres sangat terbuka lebar, literatur ada, buku2 ada, bahkan dosen saya sangat membantu dan mensupport saya tetapi lagi-lagi saya memilih mundur di tengah jalan.....mungkin terkesan konyol dan mengecewakan, tetapi prinsip saya "saya tidak akan melakukan pekerjaan apabila setengah hati....saya tidak mau melakukan apapun apabila hati saya berkata berat...."

pelajarannya adalah kesempatan itu tidak mungkin lagi saya dapatkan di lain waktu, kesempatan itu berlalu begitu saja tanpa saya sempat merasakan 'nikmat'nya berkompetisi, kesempatan itu tidak akan memanggil saya lagi...

mungkin banyak pihak yang kecewa karena saya, saya minta maaf......

Cantik memang tidak seberuntung saya, tetapi semangatnyalah yang membuatnya 'beruntung di mata saya'......saya salut dengan kegigihannya :)

satu hal yang pasti, saya memang memutuskan mundur dari kesempatan ini, bukan karena alasan, tapi saya sedang berkomitmen pada diri sendiri untuk hal lain, semoga semua ini bisa dipahami oleh semua orang yang telah mendukung saya....

tidak pernah bermaksud mengecewakan, hanya tidak ingin melakukan sesuatu yang setengah hati :)

semoga esok akan ada sosok cantik lainnya, tidak beruntung tapi beruntung karena semangatnya!!

pesan sponsor :
1. kesempatan gak akan datang dua kali, so selama kesempatan itu baik buat kita "hajaaarr bleeehhh!!"
2. nothing to lose aja :)
3. syukiri setiap jengkal kesempatan yang hadir dalam hidup kita, karena waktu gak akan berjalan mundur
4. buat mereka, orang-orang yang menyayangimu, perhatian denganmu tersenyum :)

TAK ADA GUNA MENYESAL, SYUKURI APA YANG ADA, DAN TETAP BERKOMITMEN KUKUH PADA DIRI :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar